Meski Tanpa Pupuk Dasar, Tanaman Kedelai Tumbuh Dengan Baik dan Cepat Panen, Berkat Pupuk DI Grow

KEDELAIPada awalnya Pak Sumadi hanya coba-coba saja pada tanaman kedelai, ternyata diluar dugaan tanaman kedelainya bisa bagus.  Banyak petani yang senang melihat kondisi tanaman kedelai Pak Sumadi. Percobaan ini dilakukan karena banyak para petani yang sudah malas bertanam kedelai sebab setiap kali tanam tidak pernah berhasil, apalagi ditambah himbauan dari aparat desa untuk tidak tanam kedelai dulu melainkan dengan tanaman yg lain. “Saya tidak peduli, sehingga saya langsung memberanikan diri dan membuktikan kepada orang-orang bahwa dengan pakai pupuk D.I.Grow hasilnya bisa sangat memuaskan” tutur Pak Sumadi. Informasi pupuk DI-Grow ini diperolehnya pada waktu mengikuti seminar TVRI di kantor TC-Surabaya.
Percobaan ini dilakukan tepatnya pada tanggal 16 Agustus 2009 dengan mulai tanam kedelai jenis Willis (Kedelai Putih) pada lahan seluas 400 m2. Aplikasi ini tanpa tambahan pupuk dasar atau kimia yang diberikan lewat tanah sama sekali, cukup dengan disemprot pupuk D.I.Grow.
“Menyesuaikan dari jenis kedelainya, maka setelah tanaman berumur 20 dan 30 hari saya semprot D.I.Grow Hijau dengan dosis 40-50 cc/1 tangki (15 liter air). Hasilnya dalam waktu 1 malam, panjang tanaman bertambah 5 cm, daun menjadi lebar dan tebal, tunas yang keluar langsung mekar, serta batangnya keras”. Setelah menggunakan pupuk D.I.Grow Hijau, selanjutnya pada umur 45 dan 55 hari dilakukan penyemprotan dengan D.I.Grow Merah dengan dosis 50 cc/1 tangki.  Setelah umur 48 hari, tanaman kedelai sudah keluar bunga.
LUAR BIASA.., mulai dari pangkal batang sampai ujung,  setiap ruasnya menghasilkan buah, seragam, buahnya padat dan berisi semua serta tidak ada yang kopong (tidak berisi). Kalau biasanya sebelum pakai D.I.Grow buahnya tidak bisa berisi semua (ada yang kopong) dan jumlahnya sedikit serta batangnya pendek.
Selain itu pengairan dilakukan 3 kali dengan cara dileb pada umur 20, 30, dan 50 hari, karena waktu itu masih kemarau.  Diperkirakan panen tanggal 1 November 2009. Namun, ternyata perkiraan meleset.  Kedelai dipanen pada umur ± 60 hari  karena kalau terlambat, buah kedelai akan pecah dan bijinya akan keluar semua. Padahal seharusnya umur 70-75 hari kedelai baru bisa dipanen. Ternyata kedelai saya lebih cepat 10-15 hari panennya. LUARRR BIASAAA….. DI Grow Memang Dahsyat….!
Bpk. Sumadi
Desa Karangbong RT 1 RW 1
Gedangan-Sidoarjo, Jawa Timur

No comments for "Meski Tanpa Pupuk Dasar, Tanaman Kedelai Tumbuh Dengan Baik dan Cepat Panen, Berkat Pupuk DI Grow"