Lele Sembuh Dari Penyakit Cacar & Jamur Berkat Pupuk DI Grow

Dituturkan oleh : Fansori Aan Ariadin, berdasarkan pengalaman Bp. Habibur Rachim, Jl. Madang Dalam I No. 1619 RT. 27 RW. 08 Sekip Palembang
Pusing bagaimana caranya mendapatkan uang untuk menutupi kebutuhan, ataupun mendaptkan penghasilan selain dari pemberian orang tua, akhirnya saya sebagai seorang pengangguran memutuskan untuk memelihara ikan air tawar. Tanpa persiapan yang lengkap dan perencanaaan yang tidak tepat hanya bermodalkan pengalaman melihat almarhum kakek saya memelihara ikan pada tahun 2000 , saya memutuskan untuk memelihara ikan lele, yang notabene nya simple dan ngaak terlalu rumit perawatannya, katanya…
Tanggal 23 Mei 2009 saya mulai membeli 500 ekor bibit ikan lele dengan ukuran 4cm, karena terbawa hawa nafsu saya mulai menambah kembali bibit ikan pada tanggal 24 Mei 2009 sebanyak 500 ekor ikan lele, untuk ukuran kolam 2 x 3 m (Kolam Pertama) dengan kedalaman air sekitar 80 cm -- 100 cm (dalam hal ini saya mengisi kolam dengan air sumur), sesudah pelepasan ikan saya mulai mengalami kendala, pada minggu pertama seusai pelepasan ikan mengalami kematian sekitar 15%, yang mungkin disebakan karena ikan masih dalam kondisi stress/ kecapek’an. Tapi saya masih tetap memberi ikan dengan makan pellet secara teratur sehari 4 kali sehari (pagi, siang, sore, dan pada malam hari), satu minggu ikan menghabiskan makan sekitar 1 kg pellet.
Lele Aan 4Pada minggu kedua kondisi ikan mulai mengalami peningkatan, dengan tingkat kematian sekitar 10%-8%, pada minggu ke tiga (sekitar tanggal 13 juni 2009) ikan mulai mengalami peningkatan yang semakin baik ukuran ikan menjadi 8 cm-10 cm dengan angka kematian sekitar 5%-3%.
Pada tanggal 16 Juni 2009 saya kembali membeli bibit sebanyak 2000 ekor ikan lele untuk Kolam Kedua ukuran 3x4 m dengan kedalaman air 60 cm,
Pada tanggal 17 Juni pada waktu malam setelah hampir satu bulan tidak hujan kolam ikan saya diguyur hujan, yang pada saat kejadiaan tidak menyebabkan kematian ataupun perubahan pada ikan, setelah dua hari ikan mulai mengalami kematian yang sangat tinggi sekitar 7%- 10% per hari untuk seluruh kolam, baik kolam pertama maupun kolam kedua, ikan mengalami penyakit seperti cacar, dimulai dengan ciri-ciri muncul bintik-bintik kecil kemudian menjadi luka yang semakin membesar dengan ukuran seperti lidi korek api.
Kemudian saya mulai berupaya untuk menyembuhkan ikan dengan cara mengganti seluruh air dan memberi garam ikan pada kolam, bahkan saya diberitahu dari para penjual bibit ikan untuk memberikan antibiotik, maka saya mencobanya pada kolam pertama dengan dosis 250 mg pada saat 1 kali pemberiaan makan, akan tetapi tidak ada perubahan, ikan saya terus mengalami kematian dengan angka kematian sekitar 60-80 ekor ikan perhari yang berlangsung selama satu minggu,
Pada tanggal 20 Juni 2009 saya kembali membeli bibit ikan sebanyak 1500 ekor untuk persiapan mengganti bibit ikan yang mati, yang saya lepaskan pada kolam ikan Ketiga dengan ukuran kolam 2x3 m dengan kedalaman air 80 cm -- 100 cm
Kembali lagi pada kolam pertama dan kedua setelah penggantian air dan pemberian garam pada kolam ikan yang sakit ikan mengalami penurunan nafsu makan, padahal supaya ikan sehat ia harus tetap makan. Pada tanggal 29 Juni saya Lele Aan 5mulai memberi pupuk D.I. Grow Green, yang disyarankan oleh saudara saya sendiri yang juga baru bergabung dengan DIAMOND INTEREST INTERNASIONAL, karena ia membaca cerita pengalam dari Pak Hendra, sebagai Konsultan Pupuk, yang mengatakan bahwaD.I. Grow Green juga cocok untuk tambak ikan, yang kemudian juga dibenarkan oleh seorang tetangga, yaitu saudara Fansori Aan Ariadin.
Kemudian saya mulai memberi pupuk D.I. Grow Green 5 sendok makan pada kolam dan memberikan 1 sendok makan pada setiap pemberian makan, setelah 3 hari pemberian pupuk, ikan saya mulai mengalami perubahan yang semakin baik, angka kematian berkurang hanya sekitar 2-3 ekor ikan perhari, setelah hari ke lima ikan tidak ada lagi yang mati, nafsu makan mulai meningkat, dan ternyata pupuk D.I. Grow Green juga berfungsi membantu pengobatan, ataupun pemulihan pada ikan yang sakit, dan juga membuat nafsu makan ikan menjadi meningkat, tanpa menyebabkan kematian, setelah 15 Hari pemberian pupuk D.I. Grow Green perubahan yang terjadi pada ikan dapat dilihat dari ukuran Ikan menjadi sekitar15cm-20cm, yang berarti pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dari yang saya perkirakan, nafsu makan ikan meningkat dan tanpa menyebakan kematian, dan yang lebih penting daya tahan tubuh ikan lebih kuat, terhadap perubahan iklim, maupun kadar PH air, jadi saya tidak perlu was-was ketika datang hujan, dan kalau tidak ada halangan 25 hari lagi saya akan menjual ikan lele saya,
Thank’s For D.I. Grow Green
Catatan :Sekarang Lele telah berusia 41 hari dan Panjangnya berkisar 20-40 cm…

No comments for "Lele Sembuh Dari Penyakit Cacar & Jamur Berkat Pupuk DI Grow"