Hasilkan padi 13,5 ton/ha


web_Petani Subak Yehembang, Negara-Bali
Dikutip dari BALI POST Online
web_Koran Bali post edisi Senin 2 Januari 2012.Negara (Bali Post) -Para petani di Subak Yehembang, Mendoyo pada panen ini patut berbangga dengan hasil panen melonjak. Keberhasilan ini berkat sinergitas petani subak, petugas pertanian dengan pihak swasta penyuplai pupuk organik cair Diamond Interest Grow (D.I Grow). Sebanyak 562 petani di subak dengan luas total 382 hektar itu, setelah menggunakan pupuk organik cair D.I Grow, hasil panen mereka meningkat drastis. D.I Grow adalah pupuk organik cair dengan teknologi dan formula terbaik (Nano Technology) yang disemprotkan ke daun dan seluruh bagian tanaman.
Distributor D.I Grow Bali, Hariyanto, di sela-sela panen si Subak Yehembang, Sabtu (31/12) lalu mengatakan, pupuk organik D.I Grow sudah terdaftar izinnya di Departemen Pertanian RI. Keunggulan pupuk D.I Grow hijau dan merah di antaranya dapat mengurangi 25 persen penggunaan pupuk kimia dan tidak membebani biaya produksi. ”D.I Grow bermanfaat mempercepat masa panen dan meningkatkan hasil panen, seperti dialami para petani di Subak Yehembang saat ini,” tukas Hariyanto.
Di Subak Yehembang hasil panen para petani naik drastis. Semula satu hektar hanya menghasilkan 7-8 ton, kini hasilnya hingga 13,5 ton.
Klian Subak Yehembang I Ketut Renem didampingi Wakil Klian Subak Gede Suardika mengatakan, peningkatan hasil panen yang cukup menggembirakan itu adalah sinergi petani subak, PPL, POPT, mantri tani Kecamatan Mendoyo (Dinas PKL) dan pihak penyuplai pupuk organik cair D.I Grow.
Dari berbagai varietas padi yang ditanam di subak tersebut, menurutnya, varietas padi Way Apo Buru yang menggunakan pupuk organik cair D.I Grow paling banyak menghasilkan. Dari panen sebelumnya sekitar 7-8 ton/ha kini bisa mencapai 13,5 ton kotor. ”Ada peningkatan hasil dan pendapatan dua kali lipat seperti saya dari 50 are sawah sebelumnya sekali panen Rp 7 juta kini bisa Rp 15 juta,” terang Renem.
Sejumlah petani lain juga merasakan hal serupa dengan memakai satu liter pupuk cair D.I Grow warna hijau dan merah, hasil yang didapatkan berlipat.
PPL Yehembang Kangin Wayan Suarma mengakui peningkatan hasil panen petani di subak itu dengan D.I Grow. Di samping membantu program pemerintah meningkatkan hasil pertanian dan penggunaan pupuk organik, pihak penyalur juga proaktif membantu memberikan penyuluhan. ”Mereka juga memberikan teknologi dengan mesin penyemprot dan itu memudahkan petani,” tukasnya didampingi Mantri Tani Mendoyo, Ngurah Sutarsa. Di samping itu dukungan Koperasi Tani (Koptan) Sari Werdhi dalam penyaluran saprodi termasuk pupuk organik D.I Grow ini kepada para petani.
Distributor Pupuk Organik Cair D.I Grow Bali, Hariyanto, mengatakan pupuk organik cair D.I Grow ini selain baik untuk padi juga sangat baik untuk semua jenis tanaman yang berbunga atau berbuah. Penggunaan pun sangat fleksibel bisa dicampur langsung dengan pestisida dan tidak berbau seperti kebanyakan pupuk cair. D.I Grow juga bisa digunakan untuk nutrisi ternak dan perikanan.

No comments for "Hasilkan padi 13,5 ton/ha"