APEL MALANG – Berbuah Lebat & Tahan Rontok

Apel Panjang ke bawahKota Batu Malang terkenal dengan buah apelnya. Kebiasaan petani apel di sini, bila apel mau berbunga/berbuah, harus di “Rempes” daunnya, begitu juga dengan kebun apel saya.
Juni 2005, seorang leader DII di Batu Malang memperkenalkan pupuk organik Rite Grow-1 pada saya, informasinya dapat merangsang untuk berbunga dan berbuah lebih lebat dan mampu menekan kerontokan bunga/buah. Karena penasaran, saya coba pupuk tersebut pada tanaman apel saya sebanyak 60 pohon, sedangkan sisanya tidak.
Setelah daun dirempes, dua hari kemudian saya semprot dengan Rite Grow-1 Hijau dengan dosis 50 cc/tangki 15 liter, dua minggu kemudian saya ulangi penyemprotan dengan dosis yang sama. Selanjutnya setiap dua minggu saya semprot dengan Rite Grow-1 Merah hingga menjelang panen.
Tanaman apel yang tidak disemprot dengan Rite Grow-1, akan keluar tunas daun 15 hari setelah dirempes, tetapi yang disemprot dengan Rite Grow-1, tunas daun sudah tumbuh pada 10 hari setelah dirempes, jumlahnya lebih banyak, daun lebih lebar dan lebih hijau.  Begitu juga dengan munculnya bakal bunga, yang tidak disemprot dengan Rite Grow-1, keluar bakal bunga pada hari ke-30, sedangkan yang disemprot dengan Rite Grow-1, keluar bakal bunga pada hari ke-17.  Yang membuat saya terkagum dengan Rite Grow-1 adalah “bajangan” atau bunga yang tidak jadi buah menurun, hanya 5 %, sedangkan yang tidak disemprot Rite Grow-1 “bajangan” mencapai 10%. Dan apel-ku sudah bisa dipanen pada umur 4,5 bulan, sedangkan yang tidak disemprot Rite Grow-1 dipanen pada umur buah 5 bulan.
Terimakasih DII, berkat Rite Grow-1 buah apelku lebat dan panennya lebih cepat.


Berikut ini perbedaan perkembangan tanaman apel yang menggunakan  Rite Grow-1 dan  yang tidak.

No comments for "APEL MALANG – Berbuah Lebat & Tahan Rontok"